Minggu, 10 September 2017

Guru Di Tuntut untuk Mempunyai Metode Pembelajaran Interaktif Pada Kurikulum 2013 (SMK)

Assalaamu ‘Alaikum Wa Rohmatullaahi Wa Barokaatuh. Segala puji hanya bagi Allah SWT, jadi seorang pengajar (guru) menuntun saya untuk mempunyai ide-ide kreatif dalam memberikan materi dikelas. Selain itu juga etika menjadi sorotan karena menjadi teladan bagi anak didiknya. Dalam memberikan pengajaran saya selalu berpikir metode apa yang tepat agar materi yang disampaikan dapat dipahami oleh mereka(siswa). Saya sekarang mengajar mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek di Kelas XII RPL, saya mempunyai konsep dalam belajar yaitu membentuk tim belajar (kelompok) yang tiap kelompoknya harus ada minimal satu laptop, karena saya berpikir mata pelajaran produktif tidak bisa hanya teori saja tetapi harus praktek apalagi fasilitas yang diberikan masih belum mendukung ke arah ideal. Membentuk tim belajar diharapkan mampu menutupi kekurangan tersebut. Saya juga sudah membuat modul sendiri dan mewajibkan para siswa harus mempunyai modul tersebut. Selain itu juga penjelasan di papan tulis perlu dilakukan untuk lebih memperjelas maksud dari materi. Kurikulum 2013 yang sudah diterapkan memungkinkan siswa lebih banyak disekolah sehingga dengan adanya tugas-tugas seperti pekerjaan rumah dan/atau tugas mandiri tidak terlalu efektif, sehingga saya menggunakan waktu jam pelajaran untuk melatih mereka dalam mengerjakan tugas tersebut secara tim/kelompok sehingga akan tercipta lingkungan akademik yang lebih efektif. Kerjasama antar siswa juga akan terlihat dengan tetap diawasi oleh guru yang bersangkutan. Walaupun metode tersebut belum teruji namun dilihat dari antusias siswa, hasil pengerjaan, dan nilai yang dicapai sudah lebih dari memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar