Minggu, 10 September 2017

Belajar Rumus Excel Untuk Bekal Kerja

Assalamualaikum. Semoga segala puji dan syukur kita selalu panjatkan kehadirat Allah SWT dan semoga kita semua dalam keadaan sehat wal 'afiat. Amiin. Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi ilmu tentang pemahaman rumus-rumus pada Microsoft Excel. Saya mempunyai konsep untuk lebih mempercepat pemahaman dalam belajar kita maka perlu adanya metode-metode tertentu yang ternyata apabila metode tersebut kita kolaborasikan akan lebih mempercepat pemahaman kita dalam belajar. Misalnya metode membaca, memahami, dan melihat tutorial akan mempermudah dalam pemahaman materi. Microsoft Excel merupakan salah satu paket Office yang merupakan software untuk melakukan validasi angka. Software ini merupakan software yang banyak digunakan dalam menyelesaikan pekerjaan yang berkaitan dengan angka, tabel, dan grafik. Sehingga jika kita menguasai software ini Insya Allah kita sedikitnya mempunyai bekal untuk bekerja. Pengalaman dulu sebelum memilih jadi Dosen dan Pengajar saya pernah mencoba melamar ke salah satu Bank ternama di wilayah Sumedang. Singkat cerita saya mengikuti serangkaian tes seperti wawancara dan praktik. Pada saat tes praktek saya diminta untuk mengetik surat dan mengisi data di excel dengan menggunakan rumus-rumus dan ternyata lumayan membingungkan karena pada saat itu kemampuan saya tentang rumus-rumus excel masih kurang sehingga pada saat mengerjakan yang harusnya selesai dalam 30 menit, saya selesaikan dalam 45 menit. Tes itu cukup memberikan saya pengalaman dalam menghadapi tes tersebut perlu adanya persiapan. Maka dari itu bagi pembaca yang bercita-cita ingin kerja di Bank maka dari sekarang mulai bekali diri dengan sedikitnya memahami rumus excel seperti pertambahan(+), pengurangan(-), perkalian(*), pembagian(/), HLOOKUP, VLOOKUP, IF, SUM, AVERAGE, MIN, MAX, dll. karena rumus-rumus tersebut sering digunakan dalam pengolahan data. Untuk posting selanjutnya Insya Allah saya akan berbagi ilmu dalam belajar excel dengan memberikan contoh studi kasus. Terima kasih. Salam terus untuk berbagi ilmu. Wassalamualaikum.wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar